Istilah Istilah yang Ada di Dunia Google Adsense
2/08/2019
Add Comment
Kita tahu google adsense merupakan jasa penyedia periklanan yang cukup menjanjikan saat ini. Banyak blogger yang sering mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar hanya dalam sebulan. Namun, tentu penghasilan sebesar itu tidak didapatkan dengan hanya segampang membalikkan telapak tangan. Begitu banyak proses yang harus dikerjakan untuk hasil yang sedemikian rupa. Seakan usaha berbanding lurus dengan hasil pendapatan yang diperoleh.
Untuk blogger yang masih belum berhasil diterima oleh google adsense menjadi mitranya. Teruslah berusaha, teruslah mengoptimasi blog sebaik mungkin. Sikap putus asa bukanlah solusi terbaik untuk mundur dari google adsense. Maka dari itu, mulailah dari bawah dulu, agar kamu paham, apa-apa saja saja syarat dan ketentuan untuk mendaftar google adsense.
Caranya baca disini
Pada artikel ini aku tidak membahas bagaimana proses registrasi agar diterima oleh google adsense lebih jauh, melainkan berbagi sedikit informasi mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam google adsense.
Mengenal istilah-istilah dalam Google Adsense
CPC: Cost per Click
Baca juga : daftar penyedia iklan terbaik dengan bayaran mahal dan gak pakai ribet terbaru 2019
CPM: Cost per Mille
CTR: Click Through Rate
RPM: Revenue Per Thoushand Impression
Untuk mengetahui maksud dari teks yang berwarna biru tersebut, silahkan baca disini
1) RPM Kueri
Rumus: (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) x 1000 = nilai RPM kueri dalam dollar.Contoh:
Diketahui: Kueri tertaksi $50 dari 10.000 kueri.
Maka untuk pendapatan hasil nilai RPM kueri ialah:
($50 / 15.000) x 1000 = $5.00.
2) RPM Halaman
Hampir sama dengan perhitungan RPM kueri di atas, hanya saja perhitungan RPM halaman ini lebih kecil dari RPM kueri. Perhitungan pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) ialah dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.
Rumus: (Penghasilan tertaksir / Jumlah halaman yang tampil) x 1000 = nilai RPM halaman dalam dollar.
Contoh:
Diketahui: Penghasilan tertaksir ialah $0.07 dengan 50 tayangan halaman.
Maka untuk pendapatan hasil nilai RPM halaman ialah:
($0.07 / 50) x 1000 = $1.4.
3. RPM Permintaan Iklan
Sama halnya dengan penghitungan nilai RPM yang lainnya, pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000. Contohnya rumus perhitungan seperti diatas.
Perlu diketahui, terkait dengan nilai RPM, semuanya diberitahukan dalam bentuk nilai tertaksir, termasuk hasil akhirnya setiap hari. Namun, tentu saja hasil yang diberikan belumlah final. Sebab, banyak juga syarat-syarat yang harus terpenuhi untuk mendukung kevalidan dari setiap klik yang terjadi pada setiap iklan.
Jadi, kita hanya benar-benar berharap dan sepenuhnya percaya dengan apa yang telah ditentukan oleh Google Adsense. Pastinya pihak Adsense tidak ingin membuat rugi antara pengiklan dan penayang iklan/publisher, lebih-lebih dalam menjaga kerugian pada pengiklan.
Demikian informasi yang aku bagikan kali ini tentang istilah-istilah dalam google adsense. Meskipun tidak lengkap, setidaknya sedikit gambaran yang telah diuraikan di atas, dapat membantu sobat dalam menjalankan google adsense. Terima kasih hehehe.
0 Response to "Istilah Istilah yang Ada di Dunia Google Adsense"
Post a Comment