-->

Formula Jitu Memproduksi Konten Viral

Formula Jitu Memproduksi Konten Viral


Saya yakin kamu semua sudah tahu apa itu konten viral, tapi masih sering bingung bagaimana harus memulainya dan bagaimana membuat konten tersebut bisa benar-benar viral.

Menggunakan strategi dalam pembuatan konten adalah salah satu cara untuk meningkatkan reputasi website kamu, baik di mata manusia ataupun di mata Google.

Konten viral adalah konten berbasis sosial media, bukan SEO. Tapi bukan berarti tidak bisa dibuat SEO Friendly. Sebagai contoh adalah konten undangan pernikahan unik di Satu Jam. Konten ini menggunakan judul yang viral (sehingga membuat orang gatel untuk klik).

Undangan pernikahan unik adalah keyword yang dicari oleh banyak orang setiap bulan, tapi Satu Jam mengamalkan pepatah sambil menyelam minum air. Ya sekalian saja judulnya dibuat unik; 16 Undangan Pernikahan Unik yang Membuat Kamu Ingin Segera Menikah.

Saya tidak pernah mengoptimasi keyword tersebut, tapi kalau kamu cek di Google, ia ada di halaman pertama dan sudah menghasilkan passive traffic.

Dan Satu Jam menggunakan strategi semacam ini untuk banyak keyword lainnya. Kombinasi SEO dan viral. Otomatis ketika masuk ke halaman pertama Google, judul semacam itu juga akan menarik orang untuk klik. Double-double untungnya.

Berdasarkan hal tersebut, kamu juga perlu mempertimbangkan konten viral macam apa yang ingin kamu buat. Saran saya, buat konten viral yang masih berkaitan (diseputar) keyword yang ingin kamu taklukkan. Bisa di konten viral itu sendiri atau konten lainnya.

Untuk meningkatkan success-rate, tentu kamu butuh alat bantu. Dan alat bantu favorit saya adalah BuzzSumo. Saya sudah lama menggunakan tools ini, ia sangat membantu proses filter konten viral yang sesuai dengan kebutuhan saya.

Screen Shot 2016-07-13 at 8.46.25 AM


Cara kerja alat bantu ini cukup simple;

  1. Masukkan alamat website yang ingin diintip viralitasnya.
  2. Akan muncul hasil diurutkan yang paling banyak dishare di sosmed.
  3. kamu bisa filter waktu tayang konten per bulan, per minggu, per 24 jam.

Tool ini tidak gratis, tapi memberikan masa uji coba gratis selama 1 pekan. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menjajal keampuhan tool ini. Kalau masa uji coba sudah habis, tinggal bikin email baru, hehe.

Menurut saya sih yang versi gratisnya juga tetap powerful kok, kita bisa lihat 5 konten yang sedang populer di web yang kita pilih. Rujukan website viral kan ada sangat banyak, tinggal ganti-ganti rujukan website saja. kalau 1 website bisa dapat 5 list konten viral, kamu bisa dapat 50 list viral jika memasukkan 10 website rujukan.

Kemudian mainkan filter waktunya, diganti bulanan, mingguan, harian. Seringkali hasilnya berbeda karena faktor waktu, dan kamu akan mendapatkan list viral yang lebih banyak lagi.

Jangan lupa untuk melengkapi data-data dari konten yang sudah kamu dapat, supaya lebih menarik, disesuaikan lagi bahasanya, judulnya, dll.

Meski sudah didukung oleh alat bantu, jangan langsung berharap hasilnya bisa tokcer. Pengalaman saya, dari 10 konten yang dibuat hanya ada 1 atau 2 saja yang benar-benar viral, atau bahkan terkadang tidak ada. Tapi sekalinya kamu dapat, konten ini akan bisa terus-menerus kamu gunakan untuk mendongkrak traffic (tentu dengan jeda waktu, tidak setiap hari).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Formula Jitu Memproduksi Konten Viral"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel