Formula Jitu Memproduksi Konten Viral
10/19/2019
Add Comment
Formula Jitu Memproduksi Konten Viral
Saya yakin kamu semua sudah tahu apa itu konten viral, tapi masih sering bingung bagaimana harus memulainya dan bagaimana membuat konten tersebut bisa benar-benar viral.
Menggunakan strategi dalam pembuatan konten adalah salah satu cara
untuk meningkatkan reputasi website kamu, baik di mata manusia ataupun
di mata Google.
Konten viral adalah konten berbasis sosial media, bukan SEO. Tapi bukan berarti tidak bisa dibuat SEO Friendly. Sebagai contoh adalah konten undangan pernikahan unik di Satu Jam. Konten ini menggunakan judul yang viral (sehingga membuat orang gatel untuk klik).
Undangan pernikahan unik adalah keyword yang dicari
oleh banyak orang setiap bulan, tapi Satu Jam mengamalkan pepatah sambil
menyelam minum air. Ya sekalian saja judulnya dibuat unik; 16 Undangan Pernikahan Unik yang Membuat Kamu Ingin Segera Menikah.
Saya tidak pernah mengoptimasi keyword tersebut, tapi kalau kamu cek
di Google, ia ada di halaman pertama dan sudah menghasilkan passive traffic.
Dan Satu Jam menggunakan strategi semacam ini untuk banyak keyword
lainnya. Kombinasi SEO dan viral. Otomatis ketika masuk ke halaman
pertama Google, judul semacam itu juga akan menarik orang untuk klik. Double-double untungnya.
Berdasarkan hal tersebut, kamu juga perlu mempertimbangkan konten
viral macam apa yang ingin kamu buat. Saran saya, buat konten viral yang
masih berkaitan (diseputar) keyword yang ingin kamu taklukkan. Bisa di
konten viral itu sendiri atau konten lainnya.
Untuk meningkatkan success-rate, tentu kamu butuh alat bantu. Dan alat bantu favorit saya adalah BuzzSumo. Saya sudah lama menggunakan tools ini, ia sangat membantu proses filter konten viral yang sesuai dengan kebutuhan saya.
Cara kerja alat bantu ini cukup simple;
- Masukkan alamat website yang ingin diintip viralitasnya.
- Akan muncul hasil diurutkan yang paling banyak dishare di sosmed.
- kamu bisa filter waktu tayang konten per bulan, per minggu, per 24 jam.
Tool ini tidak gratis, tapi memberikan masa uji coba gratis selama 1
pekan. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menjajal keampuhan tool ini. Kalau
masa uji coba sudah habis, tinggal bikin email baru, hehe.
Menurut saya sih yang versi gratisnya juga tetap powerful kok, kita
bisa lihat 5 konten yang sedang populer di web yang kita pilih. Rujukan
website viral kan ada sangat banyak, tinggal ganti-ganti rujukan website
saja. kalau 1 website bisa dapat 5 list konten viral, kamu bisa dapat
50 list viral jika memasukkan 10 website rujukan.
Kemudian mainkan filter waktunya, diganti bulanan, mingguan, harian.
Seringkali hasilnya berbeda karena faktor waktu, dan kamu akan
mendapatkan list viral yang lebih banyak lagi.
Jangan lupa untuk melengkapi data-data dari konten yang sudah kamu
dapat, supaya lebih menarik, disesuaikan lagi bahasanya, judulnya, dll.
Meski sudah didukung oleh alat bantu, jangan langsung berharap
hasilnya bisa tokcer. Pengalaman saya, dari 10 konten yang dibuat hanya
ada 1 atau 2 saja yang benar-benar viral, atau bahkan terkadang tidak
ada. Tapi sekalinya kamu dapat, konten ini akan bisa terus-menerus kamu
gunakan untuk mendongkrak traffic (tentu dengan jeda waktu, tidak setiap hari).
0 Response to "Formula Jitu Memproduksi Konten Viral"
Post a Comment