Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page
10/21/2019
Add Comment
Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page - Optimasi SEO On Page untuk Blogger dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan halaman dalam suatu situs atau SEO on page dan halaman luar situs itu sendiri atau dikenal dengan istilah SEO off page.
Kenapa SEO On Page harus lebih didahulukan?
Jika diibaratkan sebuah bangunan, membangun sebuah blog maka yang harus
terlebih dahulu dilakukan adalah membangun sebuah pondasi yang kuat agar
nanti bangunan tersebut menjadi kokoh serta tidak mudah
tergoyahkan. Begitu juga dengan membangun sebuah Blog, langkah awal yang
harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal)
sebuah blog dan berusaha untuk menjaga serta mengatur agar adanya
keseimbangan sebelum melakukan Optimasi SEO Off Page. Artinya kenapa
kita harus terburu-buru dalam melakukan optimasi keluar (Off Page), jika landasan awalnya sendiri belum siap.
Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh berikut hal-hal yang diperlukan sebagai landasan awal untuk membangun sebuah blog.
Pemilihan Template
Template adalah kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Pada
bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah
template. Jangan memilih sebuah template hanya dilihat dari tampilan
luarnya saja, tapi juga perlu dilihat struktur dalam template apakah
sudah baik dan bersahabat dengan mesin pencari.
Pengaturan Tag Heading (H1 - H6)
Ini merupakan hal penting yang harus diatur sedemikian rupa. Sesuai
dengan unsur yang dianjurkan search engine agar lebih dapat mengenali
sebuah blog. Sebaiknya, hindari penggunaan dua atau lebih Tag H1 pada
Postingan dan Halaman Statis. Selanjutnya baru pada sub judul kita
gunakan Tag H2 (heading 2) dan begitu seterusnya hingga ke Heading yang lebih kecil.
Konten atau Isi
Content Is King
demikianlah yang sering dibicarakan
oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan
adalah konten seperti apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori
konten yang berkualitas?
Menurut beberapa rekomendasi, yakni konten unik bukan hasil dari
itulah yang sering kita dengar mengenai penilaian konten yang
berkualitas. Namun tentunya tidak cukup hanya sekedar unik saja, masih
ada beberapa faktor lain yang akan membuat konten tersebut menjadi
berkualitas dimata search engine.
Menu atau Navigasi
Menu atau Navigasi pada blog dapat kita ibaratkan sebagai langkah awal
pemandu seorang pengunjung untuk melangkah lebih jauh ke dalam blog
kita. Kita bisa bayangkan, jika sebuah hotel mewah tanpa seorang
resepsionsis penyambut tamu. Tamu tidak akan tahu fasilitas apa yang
disediakan hotel yang ia kunjungi untuk membuat seorang tamu bisa betah
berlama-lama di hotel tersebut. Dan ada kemungkinan ia akan memutuskan
untuk berpikir mencari hotel lain yang mampu memberi rekomendasi tentang
hal yang dia butuhkan.
Navigasi tersebut bisa berupa informasi utama seperti Halaman Kontak,
Tentang, Disclaimer, dan tak ketinggalan yaitu Sitemap atau Daftar Isi
sebagai bagian penting pada blog. Lalu dapat pula ditambahkan dengan
menu untuk Kategori dan lainnya.
Dengan kelengkapan pada Menu tersebut maka akan sangat membantu
pengunjung dalam menemukan informasi yang ia cari. Serta akan menjadi
sebuah rekomendasi dari kita yang akan berkembang menjadi jalan penuntun
bagi pengunjung untuk terus menjelajah setiap artikel blog.
Tidak hanya itu, sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah
blog yang nantinya akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya
Google.
Judul Postingan
Judul Postingan mempunyai peran penting dan harus memenuhi unsur kata
kunci. Dalam hal ini diperlukan kreativitas dan ide, serta kemampuan
membaca potensi kata kunci yang akan diketik oleh calon pengunjung di
search engine.
Unsur lain yang tidak kalah penting dalam penentuan judul artikel adalah
harus mempunyai relevansi dengan isi artikel bersangkutan. Untuk itu
kita bisa memasang sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang
setelah akhir dari sebuah artikel.
Navigasi Link Pada Konten
Pada sebuah blog, link yang menghubungkan satu halaman pada kehalaman
lain, sangat berperan penting untuk meningkatkan ranking. Fungsi ini
mirip dengan Menu Navigasi yang telah Saya sebutkan di atas. Link
tersebut berguna sebagai penunjuk bagi pengunjung saat mencari informasi
selanjutnya atau yang terkait. Biasanya link-link tersebut dapat
dalam sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah akhir
dari sebuah artikel.
Pemilihan Kata Kunci
Kata Kunci atau keywords harus disesuaikan dengan Topik serta Judul
Artikel. Secara umum, kata kunci utama yang kita bidik diupayakan
mengandung unsur judul artikel dan relevan dengan isi konten. Dalam hal
ini sedikit penambahan kata untuk menambah peluang memperoleh pengunjung
yang menggunakan mesin pencari untuk menemukan Informasi. Sebaiknya
hindari kata kunci tunggal, karena hampir pada semua kata kunci tunggal
selalu akan berat persaingannya.
Pengaturan atau Peletakan Kata Kunci pada Konten
Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf, bagi dan atur
keywords utama pada setiap paragraf dengan pas dan seimbang. Jangan
menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Rangkailah
kata kunci tersebut se-natural mungkin dan tersemat secara merata pada
beberapa bagian konten.
Demikian sedikit tips SEO mengenai Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page pada blog. Semoga bermanfaat.
0 Response to "Teknik dan Cara Optimasi SEO On Page"
Post a Comment